Selasa, 12 Juni 2012

Profil Tim Nasional Sepakbola Belanda


Tim Nasional Sepakbola Belanda mewakili negara Belanda pada bidang olahraga sepakbola dan berada dibawah naungan Asosiasi SepakBola Belanda, Koninklijke Nederlandse Voetbalbond (KNVB), badan sepakbola tertinggi di Belanda. Tim ini pertama kali dibentuk pada tahun 1905.Belanda telah memegang rekor untuk tampil di putaran final Piala Dunia namun nihil Piala di turnamen tersebut. The Oranje finish sebagai runner up Piala Dunia pada tahun 1974, 1978, dan 2010, dimana pada laga Final tersebut kalah dari Jerman Barat, Argentina dan Spanyol.Tim yang bermarkas di Amsterdam Arena pernah memenangkan Piala Eropa tahun 1988. Namun puncak keberhasilan mereka terjadi pada era 1970-an, saat itu tim ini mulai terkenal dengan penguasaan bola ala Total Football dan mendapat julukan sebagai Clockwork Orange.
Pada bulan Agustus 2011, Belanda berhasil duduk di peringkat 1 dunia sehingga menjadi timnas sepakbola kedua, setelah Spanyol, tanpa memenangkan Piala Dunia. Tim Nasional Sepakbola Belanda tetap menjadi salah satu tim sepakbola terkuat di Eropa dan dunia.
Berikut skuad resmi Timnas Belanda di EURO 2012: 

  • Penjaga gawang:
     Tim Krul (Newcastle United), Maarten Stekelenburg (AS Roma), Michel Vorm (Swansea City).
  • Belakang:
     Khalid Boulahrouz (Stuttgart), Wilfred Bouma (PSV Eindhoven), John Heitinga (Everton), Joris Mathijsen (Málaga), Ron Vlaar (Feyenoord), Gregory van der Wiel (Ajax), Jetro Willems (PSV Eindhoven).
  • Tengah:
     Mark van Bommel (Milan), Nigel de Jong (Manchester City), Stijn Schaars (Sporting Lisbon), Wesley Sneijder (Intermilan), Kevin Strootman (PSV Eindhoven), Rafael van der Vaart (Tottenham Hotspur).
  • Depan:
     Ibrahim Afellay (Barcelona), Klaas-Jan Huntelaar (Schalke 04), Luuk de Jong (Twente), Dirk Kuyt (Liverpool), Luciano Narsingh (Heerenveen), Robin van Persie (Arsenal), Arjen Robben (Bayern München).
    Prestasi:
  • Piala Dunia:
  • Runner up (3x): tahun 1974, 1978, dan 2010
  • Peringkat empat (1x): tahun 1998

Peringkat tiga (1x): tahun 1976
Babak Semifinal: tahun 2000 dan tahun 2004
Kapten: Mark van Bommel (AC Milan)
Pemain Bintang: Robin Van Persie (Arsenal), Wesley Sneijder (Inter Milan), Arjen Robben (Bayern Munich)
Pemain muda berbakat: Luuk de Jong (FC Twente), Kevin Strootman (PSV Eindhoven), Jetro Willems (PSV Eindhoven)
Ranking FIFA: peringkat 4 (dirilis Juni 2012)
Website: http://www.knvb.nl
E-mail: concern@knvb.nl
Rata-rata usia pemain: 26,19 tahun

Piala EURO:
Pelatih: Bert van Marwijk

Tidak ada komentar: