Selasa, 12 Juni 2012

Sejarah EURO

Euro selalu berevolusi dan bertranformarsi . Jika pada awal mulanya hanya dimeriahkan 17 peserta, kini partisipannya membengkak hingga 51 tim. Anda tahukah bagaimana awal mulasejarah euro atau pesta sepak bola di benua eropa . Kali ini kita akan kembali ke masa lalu yang dimana turnamen piala eropa ini digelar.
Sejarah Euro Tahun 1960 - 1968
  • Tahun 1960, inilah turnamen piala eropa pertama.  Sebagai penghargaan terhadap Henri Delaunay, namanya dipakai sebagai nama trofi dan prancis ditunjuk sebagai tuan rumahnya.  Untuk juara pertama kali pada sejarah euro dimenangkan oleh Uni soviet, yang dimana telah mengalahkan Yugoslavia dengan skor  ( 2 – 1 ).
  • Tahun 1964, Jumlah peserta gelaran kedua ini membengkak dari 17 tim menjadi 29 negara. Dan Spanyol ditunjuk  sebagai tuan rumah semifinal dan final. Pada kejuaraan turnamen sepak bola eropa waktu itu dimenangkan oleh Spanyol, yang dimana di partai finalnya mengalahkan Uni Soviet  dengan skor ( 2 -1 ).
  • Tahun 1968, format kejuaraan berubah yakni menggunakan sistem grup. Gelaran ini punya keunikan. Pemenang salah satu partai semifinalnya, italia vs Uni Soviet ditentukan lewat lemparan koin. Pada sejarah eurotahun 1968 ini dimenangkan oleh Italia yang dimana mengalahkan yogoslavia dengan skor ( 2 - 0 ).
Sejarah Euro Tahun 1972 - 1988
  • Euro 1972, gelaran ini merupakan tonggak kebangkitan jerman barat di kancah Pial Eropa. Usai menjuarai ajang ini. Jerman Barat merajai Eropa dan dunia.
  • Euro 1976, untuk pertama kalinya putaran final Piala Eropa dilaksanakan di Eropa Timur. Kali ini Yogoslavia yang bertindak sebagai host. Dalam partai finalnya Cekoslovakia memenangkan dalam adu finalti dengan Jerman dengan skor (5 - 3).
  • Sejarah Euro tahun 1980, Dalam Putaran final diisi delapan peserta. Mereka menjalani babak penyisihan yang dibagi dua grup. Masing - masing juara grup bertanding di final dan runner up grup memperebutkan peringkat ke tiga. Dan untuk kejuaraanya dipegang oleh Jerman Barat yang dimana mengalahkan  Belgia dengan skor ( 2- 1 ).
  • Euro 1984, Ada sedikit perubahan format. Juara grup tak lagi lansung tampil di final, tapi harus menghadapi runner - up grup lain di semifinal. Untuk pertama kalinya, Perancis sebagai tuan rumah memperkenalkan maskot turnamen yang diberi nama Peno. Dan pada kali ini Perancis sebagi juaranya  dengan skor ( 2- 0)  melawaan Spanyol.
  • Euro 1988, Momen kebangkitan total foot ball. Dibawah besutan sang maestro total football, Rinus Michels, dan Belanda keluar sebagi juaranya dengan mengalahkan Uni Soviet dengan Skor ( 2 - 0 ).
Sejarah Euro 1992 - 1996 
  • Tahun 1992, Denmark yang ditunjuk sebagai pengganti Yugoslavia membuat kejutan dengan keluar sebagai juara dengan mengalahakan Jerman dengan skor ( 2- 0). Pada Turnamen ini, untuk pertama kalinya panitia meluncurkan offical anthem berjudul More Than a Game.
  • Sejarah Euro 1996, Penunjukkan inggris untuk menjadi tuan rumah Euro 1996 disambut antusias rakyat Inggris. " Football Coming Home" pin dijadikan slogan. Apa daya " sepak bola justru tidak kembali". Inggris tunduk di tangan jerman di babak semifinal. Dan  jerman keluar sebagai juaranya dengan mengalahkan Rep. Cheska dengan skor ( 2 - 1 ).


Tidak ada komentar: